Sunday, March 15, 2015

A Taste of Authentic Malaysian Cuisine - Malaysian Food Street @ Resort World Sentosa

Aktifitas jalan-jalan pastinya tidak akan terpisahkan dengan wisata kuliner. Baik yang dilakukan secara khusus dengan perencanaan, mengunjungi destinasi-destinasi kuliner yang sudah menjadi target, ataupun yang tanpa perencanaan terlebih dahulu dan dilakukan secara otomatis ketika rasa lapar datang. Yang kami sekeluarga lakukan waktu itu adalah yang kedua, saat sedang berkunjung ke Resort World Sentosa di Singapura.
    
Malaysian Food Street yang berlokasi di sini menjadi tempat persinggahan kami untuk breakfast pagi itu. Kawasan yang penampilannya seperti food court yang cukup besar ini terdiri dari sejumlah counter makanan dan minuman yang bisa Anda pilih. Anda punya dua opsi, jalan kaki untuk browsing ke counter-counter yang ada, atau mengambil selebaran yang disediakan di sini yang mengiklankan menu-menu yang ditawarkan. 

Menu yang menjadi pilihan kami waktu itu adalah Heun Kee Claypot Chicken Rice yang merupakan cabang dari pusatnya di Kuala Lumpur yang sudah berdiri sejak 25 tahun yang lalu. Nasi ayam Malaysian style ini dimasak dengan api dari arang, dan disajikan dalam mangkuk yang terbuat dari tanah liat sesuai namanya (claypot). Menu yang merupakan campuran dari tiga jenis nasi yang berbeda yang memberikan nuansa tekstur yang lembut, dilengkapi dengan sajian ikan asin dalam kuah minyak wijen yang wangi, dan sedikit aroma arak China. Pada saat membuat tulisan ini, saya seakan-akan terbawa kembali ke memori menikmati keharuman dan kelezatan santapan ini. Saya sangat merekomendasikan menu ini jika suatu saat Anda berkunjung ke sini.


Menu-menu lain yang ditawarkan antara lain Penang Assam Laksa, Klang Bak Kut Teh, Wanton Mee Kuala Lumpur, Penang Hai Beng Hainan Lor Mee dan masih banyak lagi. Jadwal operasional tempat ini adalah jam 10:00-22:00 di hari Senin, Selasa, Kamis; jam 09:00-23:00 di hari Jumat dan Sabtu; dan jam 09:00-22:00 di hari Minggu waktu setempat. Food street ini tutup setiap hari Rabu, jadi pastikan Anda tidak berkunjung pada hari tersebut jika tidak ingin gigit jari.

Getting there

Penerbangan Jakarta-Singapura dilayani antara lain oleh Singapore Airlines, Garuda Indonesia, Lion Air, AirAsia.

Untuk mencapai lokasi yang mendapat penghargaan dari TTG Travel Awards kategori Best Integrated Resort di tahun 2011 dan 2012 ini, bisa menggunakan MRT jalur North-East Line dari pusat kota dan turun di stasiun HarbourFront. Dari sini perjalanan bisa dilanjutkan dengan beberapa pilihan:
  • Naik bis RWS 8 dari depan VivoCity yang merupakan mall yang letaknya hanya bersebelahan dengan HarbourFront.
  • Naik monorail Sentosa Express dari lantai 3 VivoCity (Lobby L) dan turun di stasiun Waterfront. Harga tiket SGD 3.
  • Jalan kaki melalui jalur Sentosa Board Walk. Harga tiket masuk SGD 1.
  • Taksi.

Tersedia area parkir bagi yang membawa kendaraan sendiri. Untuk ketentuan dan biaya parkir selengkapnya bisa dilihat di www.rwsentosa.com

When to go

Untuk mendapatkan rate yang paling bagus, bulan Juli dan Agustus adalah waktu kunjungan yang terbaik. Peak season jatuh antara bulan Desember dan Juni, dengan waktu yang paling ramai adalah dari pertengahan Desember sampai ke masa perayaan Tahun Baru China yang jatuh pada bulan January atau February.

Where to stay

Beberapa hotel di Singapura yang tengah menjadi trending topic ini mungkin bisa Anda pertimbangkan sebagai tempat tinggal saat berkunjung.

Atau, kalau ingin yang penginapan budget yang lebih murah, tinggal cari di situs booking.com atau Hostelworld.

Intinya, jangan mengaku culinary enthusiast atau food expert kalau belum mencoba menu ini ataupun segudang kuliner lain di Singapura yang notabene merupakan culinary heaven. It's your high time to discover!


- SW - 

No comments:

Post a Comment